Latest News

03 November 2009

Pemkot Depok Raih Penghargaan Dari Menkeu


Kota Depok ditetapkan sebagai salah satu daerah yang berprestasi berdasarkan kriteria kinerja keuangan serta kriteria ekonomi dan kesejahteraan. Atas prestasi tersebut, Pemerintah Kota Depok menerima penghargaan dari Departemen Keuangan RI yang diserahkan langsung Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kepada Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il pada acara peringatan Hari Keuangan ke-63 tahun 2009 di Kantor Departemen Keuangan RI, Jalan Wahidin Raya No.1 Jakarta Pusat, Senin malam (2/10).

Menurut Kepala bagian Humas dan Protokol Setda Kota Depok, Ade Supriatna S Salam, jumlah daerah yang menerima penghargaan pada malam tersebut sebanyak 54 pemerintah daerah, terdiri dari sembilan pemerintah provinsi, 17 pemerintah kabupaten dan 28 pemerintah kota dari seluruh Indonesia. Atas prestasi yang diraih tersebut, lanjut Ade, pemerintah pusat pada tahun 2010 akan memberikan apresiasi berupa dana insentif berkisar antara 18 milyar hingga 38 milyar kepada daerah yang berprestasi tersebut. “ untuk penentuan besaran alokasinya didasarkan pada rangking tertentu atas hasil bobot terhadap masing-masing unsur penilaian dari kriteria kinerja keuangan dan kinerja ekonomi serta kesejahteraan,” terang Ade.


Untuk kriteria yang digunakan, mantan sekretaris KPU kota Depok ini menjelaskan bahwa kriteria penentuan daerah yang berprestasi ada dua yaitu kriteria kinerja keuangan dan kriteria kinerja ekonomi dan kesejahteraan. Untuk kriteria penilaian kinerja keuangan, lanjut Ade Salam berdasarkan prestasi daerah dalam upayanya (effort) meningkatkan dan mempertahankan kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) agar dapat memperoleh opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) atau WDP (Wajar Dengan Pengecualian) dari BPK, upaya dalam menyampaikan perda APBD secara tepat waktu setiap tahunnya, upaya dalam memacu kenaikan PAD (Pendapatan Asli Daerah)nya di atas rata-rata kenaikan PAD nasional, serta daerah dengan kapasitas fiscal di bawah rata-rata nasional namun IPM (Indeks Pembangunan Manusia)nya di atas rata-rata nasional.

Sementara untuk kriteria kinerja ekonomi dan kesejahteraan, Ade Salam menambahkan penilaiannya berdasarkan prestasi daerahyang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonominya di atas rata-rata pertumbuhan nasional, daerah yang dapat mengurangi tingkat kemiskinan di atas rata-rata pengurangan kemiskinan nasional, serta memiliki inflasi di bawah rata-rata inflasi nasional.

Walikota Depok, H. Nur Mahmudi Isma’il usai menerima penghargaan menyampaikan rasa syukur atas penghargaan tersebut. Diharapkan, lanjut Walikota, penghargaan ini dapat memacu pemerintah daerah beserta seluruh jajarannya untuk dapat terus mengokohkan peningkatan kinerjanya, meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga serta dapat semakin mempercepat terwujudnya clean government dan good governance. “kita patut bersyukur atas penghargaan ini, semoga semakin memotivasi kita sebagai aparatur pemerintah untuk mempertahankan prestasi ini serta dapat semakin melayani dan mensejahterakan warga Depok.” ujar Walikota.
Terakhir Diperbaharui ( Selasa, 03 November 2009 )

No comments:

About

Blog yang memberikan informasi seputar kegiatan yang berlangsung di Perumahan Kalibaru Permai, Cilodong, Depok.

Recent Post