Membuat Hotspot dengan Speedy di Rumah

Kalau kita jalan-jalan ke mal atau cafe, sering kita lihat tulisan Free Hotspot dan disitu biasanya banyak yang duduk-duduk santai sambil menikmati kopi atau makanan tp matanya ga pernah lepas dari nettbook atau laptop mereka, mereka sedang asyik berinternet ria, chating atau fesbukan. Pemandangan seperti itu sudah jamak di banyak tempat di jakarta sekarang, karena sering melihat seperti itu jadi terpikir untuk membuat hal yang sama dirumah, enak kali ya klu bisa hotspotan di rumah... J

nah daripada penasaran terus, ya ga ada salahnya untuk dicoba, karena masih buta soal ini ya kemana lagi klu bukan bertanya ke uncle google, bagaimana sich cara membuat hotspot dirumah?? setelah baca sana baca sini, diputuskan untuk mencobanya sendiri dirumah, kebetulan selama ini sudah berlangganan speedy berarti modal awalnya sudah ada.

Nah, karena jaringan internet sudah ada, modal berikutnya adalah membeli wireless Router, tanya-tanya lagi ke uncle google untuk mendapatkan yang cocok (maksudnya murah dan ok hehehe..), akhirnya diputuskan membeli TP Link WR543G seharga Rp.315.000 di sekitar Binus, pertimbangan selain harga cocok, modem adsl dirumah juga merk TP Link TD8817, nah sekarang tinggal proses setting deh.

Dengan bermodal trial and error, akhrinya berhasil juga membuat hotspot dirumah. ternyata ga susah-susah amat meskipun juga ga langsung berhasil..hehe.. sekarang browsing internet bisa dilakukan dimana aja, mau dikamar, ruang tamu, teras bisa !  PC, nettbook dan handphone pun juga nyambung semua sekarang, hehehe.. puas deh rasanya memiliki hotspot sendiri di rumah!

nah mungkin teman2 ada yang tertarik ingin membuat hotspot juga dirumah, ini saya share tutorial yang saya gunakan yang saya dapat dari uncle google tepatnya dari gudangnetwork.com, dengan sedikit tambahan hasil trial and error.

Oh ya untuk pelanggan speedy anda mesti tahu user id speedy dan passwordnya, biasanya user id sama dengan nomorspeedyanda@telkom.net
kalau password tidak tahu mesti tanya ke telkom.



Setting Wireless Router dengan Modem ADSL (Speedy)

Modem TPLink TD8817
Router TPLink WR543G
ISP Speedy


Wireless router kita sebut Router
Modem adsl/ speedy kita sebut Modem
PC/ Komputer/ Notebook dengan OS Windows XP

I. Cek IP Modem dan IP Router

  • LAN connection di PC anda dibuat otomatis/ jangan diisi nomer IP apapun caranya, klik LAN connection di sebelah jam (pojok kanan bawah) pilih  properties, double klik TCP/IP, pilih automatic semua.
  • Sambungkan Modem dengan PC, dilihat LAN connection status/configuration dicatat IP Gateway yang ada. (tambahan: setting modem diubah menjadi bridge mode)
  • Sambungkan Router dengan PC, dilihat LAN connection status/configuration dicatat IP Gateway yang ada. Atau bisa dilihat default IP, user name dan password per merk/ produk disini.. (tambahan: setting router dalam mode PPoE, masukkan user name dan password speedy anda)
Jika IP Modem sama dengan IP Router, maka IP Router harus diganti/ mengalah. misalnya IP-nya 192.168.1.1 menjadi 192.168.2.1

II. Mengganti IP Router
Login ke Router, panggil alamat 192.168.1.1 dengan mengetikan di alamat browser Internet Explorer/ Mozilla Firefox anda. masukan username: admin, password: admin. Umumnya begini, jika tidak berhasil coba di reset dulu routernya dengan menusuk lubang dibelakang router dengan pensil sampai router me-reset untuk tipe lain bisa dilihat disini.

Cari menu Status/ LAN setting, ubah 192.168.1.1 menjadi 192.168.2.1 save dan reboot. Tunggu sebentar sampai semua lampu indikator router stabil menyala. Sambungkan kabel UTP dari Modem ke Router melalui port WAN (ditandai dengan warna kuning untuk beberapa tipe router) Coba browsing situs favorite anda. Jika sudah bisa browsing anda telah selesai.
Jika belum bisa browsing, dilanjutkan lagi proses settingnya.

III. Setting IP Statis
Login kembali dengan alamat IP baru di browser, 192.168.2.1 Cari menu Status/WAN setting, pilih "Static IP" diisikan IP-nya manual: IP:              192.168.1.10 Subnet:      255.255.255.0 Gateway:   192.168.1.1 DNS1:       192.168.1.1 DNS2:       202.134.0.155 (DNS Telkom Speedy) ... Save dan reboot! Sekarang anda telah selesai men-setting Wireless Router anda. SAFE SURFING & ENJOY!!


Tambahan:
untuk memberikan nama pada jaringan hotspot anda, masuk ke wireless setting ganti SSID sesuai dengan selera anda, contoh saya ganti menjadi Balitaku, untuk memberikan password pada jaringan agar tidak sembarang orang bisa ikutan nimbrung di jaringan anda centang Enables Wireless Security, pilih WEP masukan password sesuka anda yang penting jangan sampai lupa yah.. J

2 komentar:

EdyPk Blog said...

thanks sharing nya om

Jendela ALuminium said...

Terimakasih pak, saya sedang cari cara membuat hotspot dirumah sendiri dengan menggunakan koneksi dari speedy. Artikel ini sangat lengkap dan detail sekali, semoga anda mendapatkan pahala yah.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More