Latest News

17 March 2009

Sekilas Tentang Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa merupakan suatu bentuk perlindungan finansial yang diberikan atas jiwa, kesehatan seseorang terhadap resiko kematian, sakit atau kecelakaan, oleh perusahaan asuransi berdasarkan perjanjian antara Pemegang Polis sebagai Tertanggung dan Perusahaan Asuransi Jiwa sebagai Penanggung sesuai dengan syarat-syarat yang tercantum dalam polis.

Dalam perjanjian perlindungan asuransi jiwa, kesehatan, kecelakaan tersebut, jumlah premi yang harus dibayarkan oleh Pemegang Polis ditentukan oleh Penanggung dengan memperhitungkan hal-hal berikut:
  • Produk Asuransi (mencakup manfaat yang dijamin)
  • Lamanya Masa Asuransi
  • Lamanya Masa Pembayaran Premi
  • Umur Tertanggung
  • Kondisi Kesehatan Tertanggung
Keuntungan Memiliki Asuransi Jiwa
Asuransi Jiwa perlu dimiliki dengan tujuan untuk memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial yang disebabkan oleh resiko kematian, resiko akibat hari tua maupun resiko kecelakaan/sakit yang dapat terjadi sewaktu-waktu pada hidup manusia ataupun untuk perencanaan hari tua yang bahagia dan sejahtera

Bentuk Asuransi Jiwa
Sebelum menentukan asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan, terlebih dahulu Anda harus mengenal bentuk asuransi jiwa itu sendiri.

Asuransi Jiwa Tradisional
Produk Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life)
Merupakan bentuk asuransi jiwa murni dimana Ahli Waris hanya akan menerima Uang Pertanggungan apabila Tertanggung meninggal dalam masa asuransi.
Produk Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)
Bentuk Asuransi yang mempunyai unsur tabungan dan perlindungan dalam jangka waktu tertentu. Asuransi ini selain memberikan perlindungan atas kematian Tertanggung juga mempunyai manfaat yang bisa didapatkan pada waktu Tertanggung masih hidup baik dalam masa asuransi maupun saat jatuh tempo.
Produk Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)
Merupakan bentuk asuransi jiwa yang juga merupakan perlindungan bagi keluarga. Dimana akan dibayarkan Uang Pertanggungan kepada Ahli waris apabila Tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi. Sedangkan apabila Tertanggung mencapai usia 100 tahun maka Tertanggung akan menerima Uang Pertanggungan tersebut.


Polis Asuransi Jiwa Unit Link
Merupakan polis individu yang memberikan proteksi asuransi jiwa, dimana setiap saat nilainya bervariasi sesuai dengan nilai aset investasi tersebut.Secara umum Polis Asuransi Jiwa Unit Link dapat dikategorikan sebagai:

•Premi Tunggal
Adalah polis asuransi jiwa unit link yang pembayaran preminya hanya sekali, pada saat kontrak dimulai. Polis asuransi jiwa unit link dengan pembayaran premi single umumnya tidak memiliki jangka waktu tertentu sehingga polis jenis ini merupakan polis asuransi seumur hidup.
•Premi Berkala
Yaitu polis asuransi jiwa unit link yang pembayaran preminya dibayar secara berkala. Jenis polis ini memiliki manfaat Investasi dan Proteksi, yang dapat meliputi proteksi meninggal, cacat tetap dan total, penyakit kritis dan berbagai bentuk proteksi lainnya.

No comments:

About

Blog yang memberikan informasi seputar kegiatan yang berlangsung di Perumahan Kalibaru Permai, Cilodong, Depok.

Recent Post