Latest News

09 January 2009

Mesjid Baitussalam


Mesjid Baitussalam adalah fasilitas publik di Perumahan Kalibaru permai yang pertama kali dibangun oleh warga. Pembangunan dilakukan pada tahun pertama warga Perumahan mulai tinggal di Kalibaru Permai, sekitar tahun 2005 kemudian di renovasi pada April 2006.

Mesjid yang pertama dibangun tidak berbentuk seperti yang ada sekarang ini, ketika itu mesjid masih dalam keadaan darurat dibangun seadanya dan secepatnya karena mengejar bulan Ramadhan yang akan digunakan untuk melaksanakan shalat tarawih.

Kondisinya kala itu berupa bangunan dari bambu dan masih beratapkan plastik dan berlantai semen acik, jauh sekali dengan bentuk sekarang, namun sangat membanggakan bagi warga kala itu yg mash berjumlah sedikit karena swadaya dan kerjasama warga ternyata yang sangat kuat berhasil mewujudkan dalam waktu yang sangat singkat dan yang membanggakan lagi pada penyelenggaraan acara Peringatan Nuzulul Qur'an bapak Nurmahmudi Ismail yang saat itu sebagai kandidat walikota Depok berkenan hadir mengisi acara.

Baru kemudian pada April 2006 berkat bantuan dari lembaga Bulan Sabit Merah (Hilal al-ahmar) - Uni Emirat Arab, Mesjid dapat dibangun lebih baik seperti yang anda lihat pada foto. Sebenarnya bantuan dari UE berupa dana untuk membangun Mesjid Standar saja sebesar Rp. 125.000.000, Tanah dan biaya Tukang untuk makan dan penginapan menjadi tanggungan penerima bantuan yaitu warga Kalibaru Permai, dengan kekompakan warga untuk menggalang dana tambahan maka terkumpulah dana sebesar Rp. 92.000.000 dan material seharga Rp. 15.000.000 jadilah mesjid seperti sekarang ini yang terdiri dari 3 bangunan yaitu Mesjid Baitussalam, Tempat Wudhu dan toilet yang terletak dibelakang Mesjid dan Ruang serbaguna yang terletak di depan samping masjid.
Akhirnya, Masjid Baitussalam berdiri secara permanen dan diresmikan oleh bapak Nurmahmdi Ismail selaku walikota Depok pada tanggal 16 September 2006.

No comments:

About

Blog yang memberikan informasi seputar kegiatan yang berlangsung di Perumahan Kalibaru Permai, Cilodong, Depok.

Recent Post